Rabu, 09 Agustus 2017

Inilah Salah Satu Tips Menghafal Al Qur'an




Menghafal Al Qur'an adalah dambaan umat Islam. Tetapi karena suatu hal sering terhalang dalam mengfapal Al Qur'an. Untuk mengatasi hal ini, banyak tips dibuat agar dapat mudah menghafal Al Qur'an.

Ini adalah beberapa tips menghafal Al Qur"an:

1⃣ Ikhlas karena Allah Ta'ala

Jadikanlah niat dan tujuanmu menghafal adalah untuk bertaqarrub(mendekatkan diri) kepada Allah ta’ala.

Waspadalah!!!! jangan karena motivasimu ingin mendapatkan kedudukan di tengah manusia, atau mendapatkan penghasilan harta, honor dan penghargaan, karena Allah tidak akan menerima suatu amalan ibadah kecuali dengan niat yang murni dan ikhlas karenaNya.

2⃣ Menjauhkan diri dari berbagai bentuk perbuatan maksiat dan dosa

3⃣ Memanfaatkan kesempatan,menghafal Al-Qur'an sejak usia muda

Karena anak kecil hatinya masih kosong dan minim dari kesibukan, tapi itu bukan berarti orang yang sudah tua tidak bisa menghafal Al-Qur'an.

Hanya saja lebih utama,menghafal dari usia sejak dini.

4⃣ Memanfaatkan waktu-waktu kosong, dan tidak menghafal pada waktu lelah atau ketika pikiran sedang sibuk dengan urusan apa saja, karena bisa menghalangi konsentrasi hafalan.

Alangkah baiknya kalau memilih waktu setelah sholat shubuh, itu waktu yang paling bermamfaat bagi yang tidur awal.(tidur setelah isya,sebelum jam 9 malam)

5⃣ Memilih tempat yang tepat untuk menghafal dan muraja’ah yaitu tempat yang jauh dari keramaian, karena hal tersebut bisa memecah konsentrasi pikiran.

6⃣ Hanya menggunakan satu jenis mushaf Al-Qur'an saja.

Di utamakan memilih cetakan mushaf khusus untuk mushaf penghafal Al-Qur'an.

7⃣ Jangan berganti-ganti mushaf Al-Qur'an.

Di sarankan jangan pernah berganti-ganti mushaf, karena akan menimbulkan terbentuknya berbagai macam bentuk tulisan dalam ingatan dan hal tersebut bisa menghilangkan konsentrasi dan mengacaukan hafalan.

8⃣ Mengoreksikan bacaan Al-Qur'an kepada seorang guru yang ahli dalam ilmu tajwid serta memahami arti serta makna ayat yang akan dihafalkan.

Ini sangat membantu untuk membuat kita mudah mengingatnya dan mudah dalam menghafalnya, dan akan membuat hafalan kita lebih melekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar