Sabtu, 23 September 2017

Indonesia Tawarkan Formula 4 + 1 untuk Selesaikan Masalah Rohingya



Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengatakan, Indonesia mengusulkan  formula 4+1 untuk menyelesaikan masalah Rohingya. Menurutnya, formula ini merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan persoalan Rohingya di Myanmar. Formula 4+1 merupakan solusi yang dianggap ideal.

"Formula 4+1 yang kita tawarkan itu yang bisa diterima kedua belah pihak. Dan merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan kasus Rohingya " kata Jusuf Kalla usai berpidato di markas iPhone York, Amerika Serikat, Kamis 21 September 2017.

Menurut Jusuf Kalla, yang paling utama saat ini adalah membuka akses agar bantuan kemanusiaan bisa masuk Myanmar untuk membantu pengungsi Rohingya. Wapres mengatakan tidak mungkin mengerahkan pasukan dan tidak bisa dengan pasukan penjaga perdamaian.

Pemerintah Indonesia telah menawarkan formula 4+1 untuk Rakhine State. Formula 4+1 tersebut, mengembalikan stabilitas dan keamanan, menahan diri secara maksimal dan tidak menggunakan kekerasan, perlindungan kepada semua orang yang berada di Rakhine State, tanpa memandang suku dan agama. Serta pentingnya segera dibuka akses untuk bantuan kemanusiaan. (bpp/mtnc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar