Kamis, 06 Juli 2017

Semangat Kemandiran Ekonomi Pemuda Muhammadiyah Wuled Pekalongan Jateng


Semangat kemandirian ekonomi Pemuda Muhammadiyah Wuled, Pekalongan, Jawa Tengah patut dicontoh. Karenanya, semangat tersebut terus ditebar mengingat keberhasilan mereka sejauh ini dalam membangun unit-unit bisnis.

"Ekonomi adalah salah satu faktor penting dalam mendukung sebuah pergerakan organisasi," jelas salah satu Sekretaris PW Pemuda Muhammadiyah Jateng, Heru Gunawan, dalam keterangan tertulisnya pagi ini.

Membangun semangat kemandirian ekonomi dirintis Heru dan kawan-kawan saat masih aktif di Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Wuled pada tahun 2013 lalu.

Saat itu, berbekal semangat dan keyakinan, mereka mendirikan usaha percetakan dan penjualan alat tulis. Untuk mendapatkan modal dari lembaga keuangan syariah, sepuluh pengurus PCPM Wuled menggadaikan BPKB motor yang mereka miliki.

Usaha tersebut berhasil, lalu Heru dan kawan-kawan mengembangkan sayap dengan mendirikan sebuah minimarket dengan nama "Jasmine" yang berarti lambang Pemuda Muhammadiyah. 

"Ide awal pendirian minimarket pun dengan mudah diterima kawan-kawan dan hanya dalam waktu 2 bulan pengumpulan modal akhirnya sebuah minimarket pun berdiri di Wuled yang merupakan salah satu cabang Pemuda Muhammadiyah di Kabupaten Pekalongan," jelas Heru. 

Berkat kesuksesan tersebut, Heru sering diundang ke berbagai tempat untuk memberikan motivasi kepada pengurus dan kader Pemuda Muhammadiyah di seluruh Jawa Tengah. 

Dia juga pernah diundang untuk memberikan motivasi di acara Rembuk Ekonomi Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta. 

"Bahkan Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah memberikan penghargaan kepada minimarket Jasmine sebagai role model kemandiran ekonomi Pemuda Muhammadiyah di seluruh Indonesia," ucapnya.

Sekarang, Heru menjadi pengurus PW Pemuda Muhammadiyah. Gerakan kemandirian ekonomi yang telah digagasnya tersebut sejalan dengan program ekonomi PW Pemuda Muhammadiyah Jateng. 

Karena itu, melalui PWPM Jateng, dia menularkan semangat entrepreneurnya ke daerah-daerah di provinsi Jawa Tengah tersebut. 

"Bahkan banyak dari teman-teman di daerah yang datang dan belajar langsung ke badan usaha yang telah dirintis oleh saya dan kawan-kawan Pemuda Muhammadiyah Wuled ini," lanjut Heru.

Dia berharap gerakan ekonomi dari Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah ini bisa menular ke wilayah lain di seluruh Indonesia. "Sehingga tercipta sebuah kemandiran ekonomi di dalam organisasi," pungkasnya.(bpp/rmol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar