Rabu, 29 Maret 2017

BERATNYA MEMERANKAN TOKOH BESAR



by Izzul Muslimin

Saat ikut menemani Mas David Chalik bertemu beberapa pengurus Takmir Mesjid Gedhe Kauman dan beberapa sesepuh di Kauman Yogyakarta, umumnya mereka memberi pesan agar sebagai aktor yang akan memerankan tokoh KH Ahmad Dahlan, hendaknya Mas David Chalik benar benar bisa memahami siapa KH Ahmad Dahlan dan bisa menjaga nama besar KHA Dahlan.
Memang tidak mudah memerankan tokoh besar seperti KHA Dahlan yang mempunyai pengaruh dan banyak pengikutnya. Dalam dunia perfilman sebenarnya seorang aktor dinyatakan berhasil ketika bisa mendalami dan memerankan figur sesuai dengan karakternya. Aktor tidak perlu menjadi figur yang diperankannya dalam kehidupan di luar film. Tapi saya bisa memahami ketika dalam hal memerankan tokoh besar dan berpengaruh memang ada tuntutan lebih di luar naskah yang muncul dari penonton. Kita pun tidak bisa melarang penonton berpersepsi demikian, meskipun sebenarnya itu bukan kewajiban seorang aktor untuk berbuat demikian.
Tapi khusus Mas David Chalik, saya sedikit optimis dia tidak akan mengecewakan apa yang menjadi harapan Bapak bapak Takmir. Saya agak kenal Mas David Chalik karena sebelumnya pernah bersama sama dalam kepengurusan di sebuah parpol. Kalau urusan ibadah dan semangat keberislaman, kayaknya Mas David lebih bagus dari saya. Semoga penglihatan saya tidak keliru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar