Minggu, 26 Maret 2017

Din Syamsuddin Dapat Doktor Kehormatan dari Universitas Fatoni Thailand



Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah  Prof. Dr. M. Din Syamsuddin mendapat penghargaan gelar doktor kehormatan (Doktor Honoris Causa) dalam bidang Islamic Sciences dari Universitas Fatoni, Thailand (26 Maret 2017).

Dalam acara penganugerahan gelar tersebut, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia, ini menyampaikan pidato dalam bahasa Inggris berjudul "Revivalization of Islamic Sciences toward the Revival of Islamic Civilization; with a Little Context of Islamic Polity". Din mengatakan, Dunia Islam memiliki potensi besar untuk bangkit sebagai pemegang supremasi peradaban dunia.

Potensi besar ini, menurut Din, karena Dunia Islam  memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alam, Selain itu, Dunia Islam juga memiliki 'sumber daya nilai' dan 'sumber daya sejarah'. Keempat potensi besar itu diyakini Din dapat menjadi faktor yang dapat mengulang kejayaan Islam seperti di masa lalu.

Adapun kebangkitan ilmu pengetahuan dalam peradaban Islam pada abad pertengahan didukung oleh political will. "Jika umat Islam ingin kembali mencapai kejayaan ilmu pengetahuan, maka harus ada dukungan politik," tegasnya.. (bpp)            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar