Jumat, 30 Juni 2017

Novel Baswedan Dioperasi Besar Tuk Pemulihan Jaringan Kornea Mata




Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, dokter yang merawat Novel Baswedan di Singapura berencana melakukan operasi besar terhadap mata kiri pasiennya.

"Kondisi jaringan di bagian putih mata kiri diperkirakan sulit untuk tumbuh kembali. Terdapat alternatif, dilakukan operasi besar untuk menggantikan jaringan di bagian putih mata yang telah mati di mata kiri tersebut," ujarnya melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (29/6).

Keputusan untuk mengoperasi dilakukan setelah dokter yang merawat Novel melakukan tes penglihatan dan observasi pertumbuhan lapisan kornea mata pada Rabu (28/6) pagi.

"Mata kanan bisa membaca deret angka sampai layer (lapisan) keempat pada baris pertama, namun penglihatan kurang jelas karena lensa yang sering bergeser. Sedangkan, untuk mata kiri baru sebatas melihat jari," kata Febri.

Untuk kondisi lapisan kornea, ia menyebutkan, kondisi mata kanan Novel menunjukkan perbaikan walaupun bagian skin kornea yang rusak masih ada.

"Dalam 1 minggu - 2 minggu ke depan, dokter akan memutuskan tindakan selanjutnya apakah akan memakai hard lens atau memicingkan sebagian kecil mata. Pemicingan mata akan dilakukan jika perbaikan skin kornea tak menunjukkan perkembangan," imbuh dia.

Adapun, perkembangan lebih lanjut terkait perawatan ataupun rencana operasi besar untuk mata kiri Novel akan disampaikan kembali oleh KPK. 

Febri menegaskan, setelah menjalani seluruh perawatan hingga melewati ramadan dan dapat merayakan lebaran bersama istri dan anak di Singapura beberapa hari lalu, Novel mengklaim tetap teguh hati menjadi bagian dari kerja pemberantasan korupsi. (bpp/cnni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar