Selasa, 23 Mei 2017

Enzim Mocaf Produk PDM Banjarnegara Banyak Keunggulan You are here:




Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banjarnegara, Jawa Tengah telah berhasil mengembangkan enzim organik untuk membuat mocaf. Banyak keunggulan enzim yang tebuat dari protein hewani dan tanaman yang mengandung glukosa.
“Saya sengaja merahasiakan bahan-bahan untuk membuat enzim. Sebab itu pesan dari dosen IPB (Institut Pertanian Bogor,red) yang memberikan resepnya,” kata Muhammad Muslich di sela-sela mengikuti Rapat Koordinasi Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah di Yogyakarta, Ahad (21/5/2017).
Dijelaskan Muslich yang juga Wakil Ketua MPM PDM Banjarnegara ada lima keunggulan enzim buatannya. Pertama, enzim ini dapat menghilangkan racun pada mocaf. Kedua, menghilangkan asam sianida. Ketiga, menghilangkan rasa pahit. Keempat, mocaf yang dihasilkan lebih putih. Kelima, mocaf bisa bertahan sampai satu tahun tanpa ada kutu.
Lebih lanjut Muslich mengatakan keunggulan ini membuat seorang investor untuk membelinya. Namun Muslich mengatakan tak akan menjual kepada pihak lain resep pembuatan enzim organik mocaf ini. “Ini sesuai dengan pesan dari pemberi resep agar digunakan untuk memajukan warga Muhammadiyah. Ada yang berani membeli Rp 500 juta, tetapi saya kalau butuh harus membeli kepada mereka. Saya tidak mau, itu sama saja bunuh diri,” tandasnya.(MPM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar