Kamis, 18 Mei 2017

Tamasya Masjid



Oleh: Imah Kastolani
Berawal dari medsos yang beredar, masjid belum selesai kok sudah diresmikan Jokowi pas jelang Pilkada DKI, mengejar supaya diresmikan saat masih berkuasanya Gubernur ***k yang juga paslon. Beredar kabar pula bahwa masjid tersebut difoto dari jauh sepertt bentuk salib, maka aku ingin menyaksikan dari dekat. 
Masjid Raya Hasyim Asy'ary di Dan Mogood ini dibangun dengan APBD baca lagi dibiayai APBD bukan oleh Gubernur. Ternyata benar banyak bagian belum jadi, tempat wudhu saja belum jadi. Tempat parkir belum ada masih di jalan. Apalagi taman. Kebersihan belum terjaga meski sudah mulai banyak yang datang mengunjungi. 

Untuk berkeadilan, akupun juga berkunjung ke Masjid Ramlie Mushofa dibangun oleh orang Tionghoa yang Mualaf di Danau Sunter Selatan. Hawanya sejuk, kamar mandi bersih, tempat wudhu ramah orang tua karena dengan duduk. 

Nah lebih adil lagi kalau aku juga ke masjid kuno di tengah perkampungan yang padat. Masjid dibangun dengan bangunan kapal, atasnya dari sirap kayu. Lebih antik lagi karena masjid Al Munadah di Casablanca Kuningan, itu menyimpan benda benda antik dan mahal. Coba saja lihat ada fosil kayu langka, ada guci, bebatuan hias/bahan akik yang zamrud yang hitam, yang hijau, yang ungu yang coklat, dan sejumlah barang antik serta Al-Qur'an besar tersimpan dalam kayu ukir. 
Untung Kurnia Ma'rifah sabar menuntun. Meski akhirnya lelah juga. Lengkaplah hari itu ditutup dengan makan siang yang hampir sore di rumah makan Bebek Bentu Bekasi. Sampai di rumah pijat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar