Rabu, 31 Mei 2017

Masjid Muhammad Cheng Hoo Ternyata Ada yang di Purbalingga


Nama Ma Cheng Hoo (baca: Muhammad Cheng Hoo) amat populer di Indonesia, terutama bagi Muslim Tionghoa. Karenanya, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Muslim Tionghoa bisa mengabadaikan nama ini untuk nama masjid di lingkungannya.

Oleh sebab itu Masjid Muhammad Cheng Hoo, saat ini tak hanya ada di kota-kota seperti Pasuruan, Palembang  dan Surabaya tetapi juga ada di pelosok. Di Purbalingga,  tepatnya di Desa Selaganggeng Kecamatan Mrebet.  

Sekilas bangunannya mirip kelenteng. Karena memang masjid ini berarsitektur oriental (baca: China) sebagaimana kelenteng-kelenteng di Indonesia juga berarsitektur oriental. Membuat kaya ragam masjid di Indonesia. 


Luas bangunan masjid berukuran ini 11x 9 meter persegi. Lokasinya di Desa Selaganggeng, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Dari tengah pusat kota Purbalingga, masjid ini berada di sisi kiri jalan raya Purbalingga-Bobotsari.

Langgam arsitektural masjid ini mengadopsi kebudayaan Tiongkok yang dikombinasikan dengan bangunan tradisional Jawa. Sekilas bentuk masjid ini mirip kelenteng. (bpp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar