Senin, 29 Mei 2017

Penderita Diabetes Mellitus Bisa Berpuasa, Ini Syaratnya



Para pasien yang mengalami penyakit kronis seperti diabetes mellitus (DM) maupun hipertensi dapat menjalankan puasa seperti biasa. Hanya saja selama berpuasa tetap mengkonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter.
“Untuk pasien diabetes mellitus, selama puasa minum obat bersamaan dengan saat berbuka puasa. Tidak pas makan saur, karena siangnya tidak makan sehingga kadar gula bisa turun sekali,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kebumen, dokter Widodo Suprihantoro saat Gebyar Prolanis yang digelar oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen, kemarin.
Selain itu, para penderita penyakit kronis juga bisa berolahraga sesuai dengan kondisi masing-masing. Pasien tidak perlu memaksakan. Selain itu tetap makan-makanan yang sehat dan seimbang empat sehat lima sempurna.
Bagi para peserta JKN-KIS yang mengikuti Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) harus aktif. Setiap bulan harus mengikuti kegiatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) masing-masing.
“Untuk seluruh masyarakat, selama menjalankan ibadah puasa tetap menjalankan pola hidup sehat melalu yakni olahraga secara teratur, makan buah dan saur serta periksa kesehatan secara teratur,” ujarnya. (bpp/smc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar