Sabtu, 27 Mei 2017

MUI Bersyukur Umat Islam Mengawali Puasa Secara Serentak



Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Jaidi bersyukur bahwa umat Islam di Indonesia bisa mengawali bulan Ramadhan 1438 H secara serentak, tak ada perbedaan.
"Rasa syukur ini yang pertama adalah indahnya Ramadhan harus kita lakukan sebaik-baiknya. Perhatikan persaudaraan kita, ukhuwah islamiyah," kata Abdullah di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (26/5/2017).
Abdullah juga berharap, ibadah puasa tahun ini jauh lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. "Semoga ibadah tahun ini lebih baik dari tahun lalu dan dapat meningkatkan ketaqwaan kita serta menumbuhkan kepedulian kita pada Tanah Air," ujar Abdullah.
Pemerintah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1438 Hijriah jatuh pada Sabtu (27/5/2017). Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (26/5/2017).
Dengan demikian, umat Islam di Indonesia akan memulai ibadah puasa mulai Sabtu besok. Sebelumnya, Muhammadiyah dengan metode hisab wujudul hilal telah menetapkan Sabtu (27 Mei 2017) sebagai 1 Ramadhan 1438 Hijriyah. Selain itu, berdasarkan penetapan ini, maka umat Islam di Indonesia mulai melakukan shalat tarawih pada Jumat malam ini. (bpp/kpc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar