Selasa, 16 Mei 2017

Koordinator Bidang Advokasi FPI Jateng Lolos Seleksi Tahap Pertama Komisioner Komnas HAM



Salah satu petinggi Front Pembela Islam (FPI) di Jawa Tengah, Zainal Abidin atau dikenal dengan Zainal Petir lolos seleksi tahap pertama  calon Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Zainal telah lolos proses seleksi administrasi dan wawancara.

Zainal adalah pria kelahiran Kebumen, 16 April 1969. Dia aktif di sejumlah organisasi masyarakat. Salah satunya di FPI Jawa Tengah sebagai Koordinator bidang Advokasi Hukum FPI Jateng.

Selain aktif di FPI Zainal saat ini juga menjabat sebagai Ketua Komisi Hukum dan Perundang-Undangan Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah, dan Wakil Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Jawa Tengah (APPSI).

Zaenal menyatakan, motivasinya mendaftar calon komisioner Komnas HAM tidak terkait dengan sejumlah kasus yang saat ini tengah dihadapi FPI dan ormas Islam lain. Motivasinya, kata Zaenal, murni untuk memajukan penegakan HAM di Indonesia yang dia nilai belum maksimal. 

Zaenal  tercatat sebagai lulusan Magister Hukum Universitas Diponegoro, Semarang, tahun 2012. Ia  ingin mensosialisasikan hak dasar warga negara. Masyarakat harus tahu hak dasar mereka dan pemerintah harus sadar serta memenuhi hak dasar itu. Pemerintah, menurutnya, tak boleh lepas tangan,

Pada Desember lalu, Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM membuka pendaftaran anggota lembaga itu untuk periode 2017-2022. Panitia itu dipimpin oleh mantan ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshidiqie.

Tahap pertama peserta harus mengikuti seleksi administrasi; penilaian profil, dan tes tertulis. Peserta yang lolos akan mengikuti tes selanjutnya yakni Dialog Publik pada 17-18 Mei 2017 di Lantai 5 Gedung Sekjen Kementerian Hukum dan HAM.(bpp/cnni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar