Rabu, 31 Mei 2017

Panglima TNI: Tentara tak Bisa Jaga NKRI Tanpa Tokoh Agama



Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan tentara tak bisa menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tanpa bantuan tokoh agama. Menurutnya, tokoh agama ada di balik kemerdekaan Indonesia.

"Kami tak sanggup melawan musuh tanpa dukungan tokoh agama," kata Gatot saat menjadi pembicara dalam workshop Pengawasan Inpektorat Jenderal Kementerian Agama 2017 bertema 'Pengawasan melalui Peneguhan Pancasila bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)' di Jakarta, Rabu 31 Mei 2017.

Panglima menyatakan ada tiga perspektif ancaman terhadap NKRI. Berturut-turut yakni migrasi, narkoba, dan terorisme. Salah satu ancaman terorisme, kata dia, adalah penjajahan di media sosial.

Panglima mengaku prihatin melihat fenomena saling serang di media sosial. "Di media sosial, yang dijajah tak merasa terjajah. Tapi, mereka rela mengeluarkan uang untuk penjajah. Penjajahan itu juga sampai ke rumah, bahkan menokohkan penjajah sebagai pahlawan," kata dia.


Pada kesempatan itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta Panglima TNI menuliskan ungkapan di atas kanvas komitmen meneguhkan Pancasila. (bpp/ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar