Rabu, 31 Mei 2017

Serius Dirikan Sekolah di Luar Negeri, Muhammadiyah Beli Lahan di Australia.



Niat Muhammadiyah untuk mendirikan sekolah di Australia memang serius. Hal ini  dibuktikan oleh Muhammadiyah dengan membeli lahan seluas 10 hektar di Narre Warren East di Melbourne, Australia.
Di lokasi tersebut rencananya akan dibangun sekolah bernama Muhammadiyah Australia Islamic School (MAIS) yang rencananya akan dibuka di tahun 2019. Australia dipilih karena Muhammadiyah melihat potensi sekaligus kebutuhan untuk sekolah Islam yang berkualitas amat dibutuhkan oleh Muslim yang ada di Australia. 
Selama ini, Muhammadiyah telah dikenal sebagai organisasi Islam yang moderat dan telah menjalin kerjasama dengan pemerintah dan organisasi non pemerintah Australia. Jalinan ini yang membuka peluang untuk mengenalkan Islam yang damai dan berkemajuan di Australia.
Menurut Muhammad Edwards, Pengurus Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Australia, pembelian lahan tersebut secara resmi sudah dilakukan sejak 25 Mei lalu, dengan penandatanganan akta jual beli. Proses pencarian tanah ini memakan waktu lebih dari 2 tahun, karena ketatnya peraturan di Australia untuk tanah yang bisa dijadikan sekolah.
Sedangkan Muhalim, salah seorang perngurus PCIM di Melbourne, menjelaskan, proses selanjutnya untuk mewujudkan sekolah Muhamadiyah ini adalah mengurus perijinan dari pemerintah setempat (council). Proses ini akan melibatkan arsitek profesional dan juga ahli tata kota untuk membuat desain sekolah yang memperhatikan kebutuhan siswa-siswi untuk taman kanak-kanak (preparation) sampai dengan Kelas 12. .
Muhalim juga menjelaskan bahwa sekolah ini rencananya akan berwawasan lingkungan dan menjaga kebutuhan masyarakat sekitar dari segi akses jalan, pemakaian dan pembuangan air dan lainnya yang merupakan persyaratan untuk mendapatkan ijin. Proses untuk mendapatkan ijn pendirian sekolah ini akan memerlukan waktu sekitar 6 bulan.
Tahap selanjutnya yang akan dilakukan ialah pembangunan fisik sekolah, pengembangan kurikulum dan perekrutan guru. Karena panjangnya proses itu, Sekolah ini ditargetkan beroperasi bertepatan dengan tahun ajaran baru 2019. 
Sedangkan sasaran murid yang akan bersekolah di sana, adalah  seluruh umat Islam Melbourne terutama yang tinggal di bagian selatan Melbourne. Bukan hanya murid-murid asal Indonesia, tetapi juga dari negara lain. 
Sekolah Muhamadiyah di Melbourne ini nantinya akan dijadikan 'laboratory school’. Sebagai  laboratory school, sekolah akan membuka jalan bagi guru-guru Muhammadiyah Indonesia yang berprestasi untuk mempunyai pengalaman mengajar di Australia Sekolah ini akan menjadi pilot project bagi perpaduan keunggulan sistem pendidikan Islam yang sudah diterapkan Muhammadiyah di ribuan sekolahnya di Indonesia dengan keunggulan sistem pendidikan Australia. (bpp)

2 komentar:

  1. bosen kalah kalah aja..?? silahkan coba registrasi di bolavita
    hanya dengan modal 50 ribu sudah bisa jadi jutawan
    buktikan sendiri no Hoax... ^^ sabung ayam online

    info lbh lanjut:

    WA: +628122222995

    BalasHapus